Detoksifikasi Dan Waktu Yang Tepat Untuk Detoksifikasi

Detoksifikasi Dan Waktu Yang Tepat Untuk Detoksifikasi

Pengertian detoksifikasi atau sering juga disebut dengan istilah detoks merupakan proses menetralkan atau membuang racun yang berbahaya dari dalam tubuh melalui 4 mekanisme pembuangan yaitu nafas, keringat, buang air besar dan buang air kecil.

Sebenarnya, sejak lahir tubuh kita mempunyai kemampuan untuk mendetoksifikasi tubuh secara alami yang dilakukan oleh organ seperti ginjal dan hati. Tetapi masalahnya, kita hidup dilingkungan yang dipenuhi oleh berbagai macam racun atau toksin. Sehingga tubuh kita akan terus menerus terpapar toksin. Dan lama-kelamaan tubuh kita tidak akan mampu lagi melakukan detoksifikasi sendiri.

Apabila racun yang mengendap di dalam tubuh terus menerus dibiarkan maka akan meningkatkan resiko penyakit yang berbahaya seperti obesitas, liver, diabetes, jantung koronen, dll. Untuk itu kita perlu melakukan tindakan untuk membantu tubuh melakukan detoksifikasi baik itu secara alami maupun mengkonsumsi produk detoksifikasi yang aman seperti smart detox.

Detoksifikasi secara alami dapat dilakukan dengan cara berpuasa, banyak minum air putih, konsumsi makanan yang banyak mengandung serat, dan rajin berolahraga. Selain cara alami, anda juga dapat mengkonsumsi produk Smart Detok yang merupakan minuman nutrisi untuk membantu proses detoksifikasi. Smart detox merupakan hasil penelitian dari pakar kesehatan dari Amerika dan oleh karena itu banyak direkomendasikan oleh dokter-dokter di Indonesia maupun dunia.

Dalam proses detoksifikasi, usus besar dan liver adalah target utama agar terbebas dari toksin. Baru kemudian organ lainnya seperti sistem limpatik, paru-paru, ginjal,dan pembuluh darah. Kenapa usus besar menjadi target utama? karena apabila saluran usus mengalami keracunan maka akan timbul penyakit-penyakit degeneratif.

Seluruh jaringan tubuh menerima makanan dari darah, sedangkan darah mendapatkannya dari usus. Apabila usus tercemar oleh toksin, maka darah pun akan ikut tercemar dan toksin akan menyebar ke seluruh jaringan dan organ tubuh melalui darah. Dengan begitu, akan timbullah penyakit-penyakit kronis, akut, dan degeneratif.

Untuk itulah sangat penting sekali anda mengetahui apa itu detoksifikasi tubuh dan melakukan program detoksifikasi. Jika anda mengalami kelebihan berat badan, hampir bisa dipastikan selain tubuh anda akan sehat maka tubuh anda pun akan langsing asalkan mengikuti program detoksifikasi dengan disiplin. Karena hal ini dipengaruhi oleh kebersihan usus dari toksin sehingga memperlancar proses metabolisme tubuh.

Waktu Yang Tepat Untuk Detoksifikasi

Detoksifikasi merupakan proses pembuangan racun atau toksin dari dalam tubuh. Racun bisa masuk dan berada dalam tubuh kita dengan cara yang bermacam-macam bisa melalui makanan yang tidak sehat seperti makanan instant, dan melalui polusi udara seperti asap knalpot kendaraan.

Jika terus dibiarkan menumpuk dalam tubuh, racun ini bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti kegemukan, diabetes, jantung koroner, stroke, dll. Untuk menghindari akibat buruk dari toksin, kita harus secara rutin melakukan detoksifikasi atau pembuangan racun.

Agar hasilnya maksimal, kita juga harus mengetahui kapan waktu yang tepat untuk detoksifikasi. Dikutip dari top10homeremedies.com, berikut ini adalah waktu yang tepat kapan anda harus segera melakukan detoksifikasi.

1. Ketika terpapar banyak asap rokok merupakan waktu yang baik untuk segera melakukan detoksifikasi. Detoksifikasi dapat mengeluarkan racun yang anda hirup dari asap rokok.

2. Ketika mengidap insomnia. Jika anda belum berhasil mengatasi insomnia, cobalah anda melakukan detoksifikasi karena detoksifikasi sangat disarankan untuk penderita insomnia. Dengan membuang racun atau toksin, anda akan dapat tidur dengan nyenyak dan nyaman.

3. Saat bau mulut anda berlebih. Bau mulut bisa diakibatkan karena racun yang memenuhi sistem pencernaan tubuh. Untuk itu anda perlu melakukan detoksifikasi untuk membuang racun yang terdapat pada tubuh.

4. Saat tubuh terasa cepat lelah. Salah satu ciri tubuh anda sudah dipenuhi racun adalah tubuh anda jadi mudah lelah. Jadi ketika tubuh terasa mudah lelah, ini adalah waktu yang tepat untuk detoksifikasi.

5. Saat tubuh mengalami obesitas ataupun kegemukan. Banyak orang yang gagal melakukan diet atau menurunkan berat badan. Ini karena mereka tidak tahu apa sebenarnya penyebab kegemukan.

Racun merupakan inti masalahnya. Jadi ketika anda mengalami kegemukan dan belum berhasil menurunkan berat badan, segeralah lakukan detoksifikasi.

6. Saat tubuh terasa sehat dan fit. Detoksifikasi saat tubuh terasa sehat diperlukan untuk upaya pencegahan terserang dari penyakit yang berbahaya. Disarankan melakukan detoksifikasi minimal 1 kali dalam setahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *