Cegah Sakit Jantung Dan Makanan Yang Bagus Untuk Mata

Cegah Sakit Jantung Dan Makanan Yang Bagus Untuk Mata

Teman-teman, sekarang banyak terjadi kasus penderita sakit jantung di usia muda karena gaya hidup modern. Sakit jantung bisa dialami oleh siapa saja tanpa memandang usia dan jenis kelamin.

Sakit jantung ini disebabkan oleh sakit koroner. Budaya hidup yang semakin instan dimana menuntut semuanya serba cepat adaah penyebab terbesar dari penyakit ini. Tapi banyak cara untuk mengatasi hal ini, karena itu mari kita bersama-sama cegah sakit jantung sejak dini.

Penyebab Sakit Jantung

Seperti diketahui sebagian besar orang-orang, penyebab utama dari sakit jantung sudah pasti oleh obesitas, hipertensi, maupun diabetes. 3 hal tersebut adalah pasti dialami oleh semua orang karena gaya hidup tidak sehat. Selain 3 hal yang sudah disebutkan, ternyata ada hal-hal lain yang menyebabkan sakit jantung, antara lain:

1. Suka emosi. Tahukah teman-teman jika seseorang kurang sabar , tidak bisa mengatur emosi, dan mudah marah juga membantu proses sakit jantung.

2. Kecemasan yang berlebihan. Perasaan yang was-was dan takut berlebihan juga membuat jantung menjadi tidak stabil.

3. Aktivitas fisik yang berat dan berlebihan. Seperti olahraga yang terlalu di forsir, atau bekerja sampai kecapekan terus menerus.

4. Aktivitas seksual. Orang yang tidak terbiasa berolahraga akan memiliki resiko besar pada saat melakukan aktivitas seksual. Dan juga seiring berambahnya umur akan menambah resiko sakit jantung pada saat berhubungan.

5. Konsumsi narkoba atau minuman alkohol.

6. Terlalu banyak makan atau makan sampai kekenyangan.

Pencegahan Sakit Jantung

Setelah membahas penyebab, sekarang mari kita membahas bagaimana mencegahnya. Caranya cukup gampang koq teman-teman, antara lain:

1. Berhenti merokok. Karena setiap merokok, otomatis akan menghirup lebih dari 4000 lebih bahan kimia yang menyebabkan kemandulan dan sakit jantung.

2. Sering melakukan olahraga. Tapi hindari aktivitas yang memfosir fisik.

3. Pola makan yang sehat dan menurunkan berat badan bagi yang obesitas. Menurunkan berat bagi yang obesitas memang penting. Tapi harus dilakukan dengan benar dan sehat. Jika mau tahu cara menurunkan berat dengan sehat, bisa klik disini .

4. Kurangi minum alkohol. Jika alkohol dikonsumsi dalam waktu yang lama, akan menyebabkan kerusakan pada hati, jantung, otak, sistem saraf, dan impotensi.

5. Kurangi menonton tv. Terlalu banyak tiduran, duduk serta menonton tv akan membuat tubuh jarang beraktivitas. Serta menonton tv terlalu sering akan menganggu pola tidur yang sehat.

6. Perbanyak tawa. Ketawa selain membantu meringankan mood, juga membantu sirkulasi darah dijantung. Jadi perbanyaklah senyum dan ketawa.

Makanan Yang Bagus Untuk Mata

Seiring dengan bertambahnya usia teman-teman, otomatis kesehatan mata akan semakin berkurang. Maka untuk menjaga kualitas penglihatan, kita harus mengkonsumsi makanan yang bagus untuk mata.

Spesialis mata dr.Anggun Rama Yudhanta, SpM mengatakan, “sehat tidak harus selalu mengunjungi dokter secara teratur. Mengkonsumsi makanan yang terbukti secara klinis baik untuk mata, juga salah satu cara agar menjaga mata agar selalu sehat”.

Tipe makanan yang baik untuk mata

Semua makanan yang kita konsumsi, akan selalu memberikan efek bagi tubuh. Efek-efek tersebut bisa berefek positif maupun negatif. Ada jenis-jenis makanan yang baik untuk mata. Tentu sebagian besar teman-teman mengetahui kebanyakan makanan yang baik untuk tubuh adalah dari buah-buahan dan sayur-sayuran. Tetapi buah dan sayuran seperti apa yang bagus buat mata?

Untuk buah-buahan yang bagus buat mata adalah buah avocado (alpukat), pepaya dan kiwi. 3 buah ini selain bagus untuk mata, juga memiliki khasiat baik lainnya yaitu:

1. Buah avocado (alpukat) selain bagus untuk mata, juga bagus untuk menghambat sel kanker, serta membantu untuk menurunkan kolestrol.

2. Buah pepaya juga memiliki manfaat positif untuk menguatkan sistem imun, membantu menguatkan tulang karena mengandung vitamin K, juga bagus untuk penderita diabetes.

3. Buah kiwi memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, juga bagus untuk yang lagi diet, karena memiliki serat yang tinggi.

Untuk sayuran, ada 3 jenis sayuran yang bagus buat mata teman-teman. Ketiga sayuran tersebut adalah:

1. Sayur paprika. Sayur ini memiliki 2 vitamin yang bagus untuk di konsumsi. Yaitu vitamin A dan vitamin C. Untuk vitamin A membantu mencegah degenerasi makula . Untuk vitamin c membantu proses terjadinya katarak.

2. Sayuran berwarna hijau gelap. Antara lain seperti bayam, selada, brokoli. Sayuran berwarna hijau gelap kaya akan antioksidan lutein dan zeaxanthin. Kedua antioksidan tersebut membantu untuk mencegah degenerasi makula pada mata.

3. Sayuran berwarna oranye. Contohnya adalah wortel segar dan ubi jalar. Kedua tanaman tersebut kaya degan vitamin A yang membantu mencegah terjadinya katarak pada mata. Selain itu juga memiliki betakaroten yang membantu kejernihan mata.

Dan tips terakhir untuk artikel ini , sebisa mungkin teman- teman menghindari MSG. Karena MSG berdasarkan hasil riset, ternyata turut andil dalam menurunkan penglihatan pada mata. Dan Jika kita teralu banyak mengkonsumi gula, akan menyebabkan glukoma, yang berefek pada kebutaan pada mata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *