Langkah Pencegahan Diare Dan Menu Gizi Seimbang

Langkah Pencegahan Diare Dan Menu Gizi Seimbang

Diare merupakan suatu keadaan dimana tinja atau feses menjadi cair dan terjadi secara berulang-ulang paling sedikit 3 kali dalam 24 jam. Penyakit ini dapat dengan mudah menjangkiti masyarakat mulai dari anak-anak hingga dewasa. Namun bayi dan anak-anak biasanya lebih mudah terkena diare karena perkembangan sistem pencernaan pada bayi dan anak belum sempurna sehingga menyebabkan mereka mudah terkena virus penyebab diare.

Maka orang tua harus sangat memperhatikan kebersihan pada anak dan bayi anda. Cara pencegahan diare yang paling mudah adalah dengan menerapkan pola hidup bersih seperti rajin mencuci tangan dengan sabun setiap sebelum makan, keluar dari toilet, atau pun setelah membersihkan kotoran hewan.

Gejala dari penyakit diare yang harus diketahui seperti intensitas buang air besar dengan feses cair yang terjadi berulang-ulang disertai muntah yang berulang-ulang, keadaan lemah, lemas dan ngantuk, terjadinya penurunan kesadaran, tidak merasa haus dan tidak ada selera makan, adanya rasa sakit perut dan kejang di perut, buang air kecil menjadi jarang, kulit menjadi keriput karena kekurangan cairan. Bila terjadi gejala tersebut segeralah bawa penderita ke dokter untuk mendapat penanganan yang lebih baik.

Penyakit diare disebabkan oleh adanya infeksi virus, bakteri dan parasit yang berasal dari minuman dan makanan yang sudah tercemar atau kotor. Bisa juga karena adanya infeksi penyakit lain yang sedang diderita seperti radang tenggorokan dan infeksi telinga. Selain itu alergi makanan dan obat-obatan tertentu, atau karena pemanis buatan pada makanan atau minuman yang dikonsumsi.

Cara mengatasi dan pencegahan diare, anda dapat mengkonsumsi larutan gula garam sebagai pengganti cairan tubuh dan elektrolit yang banyak keluar. Jika anda hanya mengkonsumsi air putih saja maka hal itu kurang membantu. Kurangi sayur dan buah-buahan karena makanan tersebut sulit dicerna penderita diare.

Pada bayi yang terserang diare, berikan ASI secara terus-menerus untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Anak yang tidak mendapatkan ASI biasanya lebih mudah terkena diare daripada anak yang mendapatkan ASI secara eksklusif.

Menu Gizi Seimbang

Mengonsumsi makanan Sehat bergizi bukan faktor yg susah bagi kehidupan, dalam suatu lingkungan sebenarnya tidak sedikit sekali makanan yg sanggup kitamengkonsumsi dgn gizi yg lumayan, tapi permasalahan yg tak sempat didapati ialah “jenis makanan apa saja yg mengandung gizi?”, yg umum kita ketahui makanan ygbergizi itu yakni empat sehat lima sempurna tetapi utk kategori makanan yg termasuk juga 4 sehat 5 sempurna nyatanya kita tak mengetahuinya.

Utk menambah pengetahuan dalam menjalankan kehidupan yg sehat, berikut makanan yg termasuk juga dalam 4 sehat lima sempurna, yg mengandung karbohidrat seperti, umbi-umbian, kentang, gandum, nasi, pun jagung. Ke-2, berfungsi juga sebagai zat pembangun utk badan kita, yakni lauk pauk, ada daging, ikan, tahu, tempe &telur.

Dalam perkembangan badan ditunjang bersama vitamin, serat, protein nabati, seluruh itu terkandung dalam “sayuran” sbg step ke-3 dari makanan 4 sehat lima sempurna. Sayuran yg hijau amat sangat baik utk di mengonsumsi seperti bayam, tomat, brokoli, terong, kol, pare, daun pepaya, dll.

Buah-buahan sbg step ke empat dari menu makanan sehat, buah yg tajir dapat vitamin, mineral, pula serat, bersama konsumsi jenis-jenis buah mampu meringankanproses pencernaan bersama baik.

Terakhir merupakan “susu” berfungsi buat menjaga kesehatan & ketahanan badan dari bermacam tipe penyakit. diluar itu susu pun sbg kalsium yg dibutuhkan Tulang.

Pola Makan Bersama Gizi Seimbang :

Makanan yg kita mengonsumsi tiap-tiap harinya mesti mempunyai gizi yg seimbang, di Indonesia sendiri, penyuluhan gizi yg seimbang senantiasa diselenggarakan dgnmengikut sertakan dokter & bidan yg ahli dalam gizi “Posiandu”. Seluruhnya hal itu dijelaskan dalam tumpeng gizi seimbang, bahwa kita mesti minum air jumlahnya 2 litter setara bersama 8 gelas per harinya.

Tidak hanya itu makan makanan pokok, protein nabati, hewani, sayuran, pun buah-buahan, terhadap sektor paling ujung tumpeng, dianjurkan kita buat konsumsi gula secukupnya, & sektor paling basic tumpeng, yaitu himbauan buat menjalani pola hidup sehat secara olahraga yg rutin, menjaga kebersihan lingkungan, seandainya seluruh hal itu telah kita melaksanakan, berarti kita telah menjalankan pola makan dgn gizi seimbang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *