Manfaat Pisang Dan Buah Naga Untuk Kesehatan

Manfaat Pisang Dan Buah Naga Untuk Kesehatan

Mengkonsumsi buah-buahan sangat penting untuk kesehatan. Salah satu buah-buahan yang memiliki banyak manfaat adalah pisang. Pisang tergolong buah-buahan yang mudah didapat dan hampir semua orang menyukainya. Mengolah pisang juga gampang sehingga banyak makanan yang menggunakan pisang sebagai bahan utama maupun tambahan. Manfaat dari pisang sangat beragam untuk kesehatan.

Kandungan pisang yang hanya terdiri dari asam amino yang bermanfaat untuk tubuh membuat pisang tidak akan menimbulkan alergi. Sehingga pisang aman dikonsumsi siapa saja. Kandungan lain dari pisang adalah zat besi. Dengan zat besi yang terkandung, pisang dapat memulihkan kondisi seseorang yan terkena anemia. Zat yang terkandung dalam pisang yang berguna bagi tubuh manusia adalah kandungan gula seperti sukrosa, fruktosa dan glukosa yang bermanfaat memberi energi.

Manffat Pisang

Manfaat pisang untuk kesehatan yang lain adalah sebagai penyembuh. Pisang berguna untuk menyembuhkan diare dan sembelit. Dengan mengkonsumsi pisang, pergerakan usus akan kembali normal. Selain menyembuhkan diare dan sembelit, pisang juga dapat menyembuhkan disentri. Pisang dimakan dengan cara dilembutkan. Cara tersebut juga efektif untuk menyembuhkan anak-anak yang terkena disentri.

Untuk perempuan, pisang sangat bermanfaat untuk kebutuhan mereka. Banyak perempuan sangat terobsesi untuk menurunkan berat badan. Campuran pisang dan susu skim dapat membantu menurunkan berat badan. Selain pisangnya, bunga pisang juga sangat berguna untuk perempuan yang mengalami gangguan menstruasi.

Bunga pisang yang bermanfaat sebagai obat gangguan menstruasi ini dimasak dengan yogurt atau susu asam. Bunga pisang ini dapat memicu tubuh untuk meningkatkan hormon progesteron yang berguna untuk mengurangi pendarahan berlebih.

Kandungan Dalam Pisang

Salah satu kandungan pisang yang banyak manfaatnya adalah potasium. Potasium yang terkandung dalam pisang dapat membantu mencegah stroke. Memakan pisang secara teratur dapat mengurangi resiko terkena stroke sebesar 40%. Potasium juga berguna untuk kesehatan tulang. Potasium dapat membantu mencegah osteoporosis yang terjadi karena kekurangan kalsium. Untuk kesehatan jantung juga, potasium sangat bermanfaat.

Potasium yang terkandung dalam pisang bekerja menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Selain itu, potasium juga membantu menjaga tekanan darah sehingga dapat mencegah stroke dan serangan jantung. Potasium dalam pisang sangat bagus untuk seseorang yang memiliki aktivitas padat karena itu akan membantu tetap fokus dan membantu kerja otak tetap optimal. Potasium, magnesium dan vitamin lain yang terkandung dapat bermanfaat membuang nikotin dalam tubuh.

Untuk itu, pisang sangat baik dikonsumsi sehari-hari. Pisang yang mengandung asam amino yang disebut tryptophan dapat membantu memproduksi hormon serotonin. Serotonin sangat berguna untuk menjaga menjaga mood. Selain itu, pisang sangat baik untuk darah. Kandungan vitamin B6 sangat berguna dalam hemoglobin dan sebagai antibodi. Oleh karena itu, mengkonsumsi pisang setiap hari dapat menjadi salah satu cara untuk tetap sehat.

Manfaat Buah Naga

Pernah melihat buah berwarna merah dengan bentuk kulit seperti rebung? ya, itu adalah Pitaya, atau lebih dikenal dengan nama buah naga. Buah asal asia tenggara, terutama Filipina,Thailand dan Indonesia. Memiliki dua jenis warna daging, ada yang berwarna putih dan ada yang merah keunguan.

Khasiat buah naga ternyata banyak sekali untuk tubuh, apalagi bagi anda yang sedang mengurangi karbohidrat dan menghilangkan lemak dalam tubuh. Berikut ini adalah khasiat buah naga untuk kesehatan :

Kaya Akan Serat

Buah naga sangat minim kalori dan kaya akan serat. Serat yang terkandung di dalam buah naga dapat membantu melancarkan pencernaan dan baik bagi seseorang yang sedang diet. Tidak hanya itu saja, kandungan vitamin B1 dapat menyerap lemak tak jenuh dan mencegah konstipasi. Apabila anda mengkonsumsi buah naga, feses akan menjadi berwarna kemerahan namun tidak ada dampak sama sekali karena warna merah berasal dari warna alami daging buah naga.

Antioksidan Tinggi

Antioksidan bermanfaat untuk mengurangi radikal bebas yang ada dalam tubuh kita. Buah naga mangandung antioksidan tinggi sehingga dapat membantu proses detoksifikasi atau pengeluaran racun dari tubuh (baca juga program detoksifikasi bisa menurunkan berat badan disini). Tidak hanya itu saja, fitoalbumin yang terkandung dalam buah naga dapat berfungsi menghilangkan racun logam dari tubuh dan pigmen merah yang ada pada buah naga mengandung likopen yang bisa mencegah kanker prostat.

Pembasmi Kolesterol

Penyakit jantung merupakan penyakit mematikan terbesar selain kanker. Buah naga baik untuk mengurangi resiko gangguan kardiovaskular dan trigliserida karena kaya akan asam lemak omega 3 dan omega 6 serta tidak mengandung kolesterol, lemak trans maupun lemak tak jenuh. Mengkonsumsi buah naga secara teratur dapat membantu menjaga tekanan darah dan mengontrol kadar koleterol dalam darah.

Pencegah Diabetes

Selain mencegah penyakit jantung, buah naga juga dipercaya bisa mencegah penyakit diabetes. Penyakit diabetes sendiri kadang berasal dari keturunan, sehingga sulit untuk disembuhkan. Namun apabila seseorang mengidap diabetes turunan dan mengkonsumsi buah naga secara rutin, maka resiko diabetes dapat diminimalisir. Buah ini dapat membunuh sel jahat dari hasil gaya hidup yang kurang sehat. Vitamin B3 dalam buah naga dapat mengurangi kadar gula dalam darah.

Baik Bagi Ibu Hamil

Selain serat dan kaya akan vitamin, buah naga juga memiliki kandungan yang baik untuk tubuh seperti asam folat serta karoten sehingga dapat membantu dalam poses perkembangan janin. Mengkonsumsi buah naga secara rutin bisa menyehatkan dan menguatkan kandungan pada ibu hamil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *