Olah Makanan Sehat Dan Pola Makan Penderita Diabetes

Olah Makanan Sehat Dan Pola Makan Penderita Diabetes

Makanan sehat, tampaknya sudah banyak orang yang tahu apa saja jenisnya. Mulai dari daging, sayur-sayuran, segala macam buah-buahan, kacang-kacangan, dan banyak lagi jenis makanan lain, sudah sangat dikenal kelezatan dan juga gizinya.

Namun satu hal penting yang justru kadang dilupakan adalah cara mengolahnya sehingga gizi makanan tersebut tak menghilang. Tentu tak ada gunanya memilih makanan yang dianggap sehat, jika ternyata nutrisi di dalamnya sudah lenyap saat proses memasak, bukan?

Makanan yang sehat tak hanya makanan mentahnya saja, tetapi juga melihat bagaimana cara memasaknya dengan benar. Ini beberapa cara memasak yang sebaiknya Anda hindari:

1. Menggoreng di minyak panas – karena justru akan membuat lemak jenuh jadi meningkat dan membuat Anda rentan kolesterol.

2. Pakai arang – karena memasak dengan arang bisa meningkatkan resiko terkena kanker akibat adanya zat karsinogen di dalamnya.

3. Microwave dengan terbungkus plastik – cara memasak menggunakan microwave sendiri sebenarnya tak masalah, namun jika makanan masih terbungkus plastik, justru meningkatkan resiko kanker.

Lantas, bagaimana cara memasak yang sehat? Ini dia cara mengolah yang bisa menjaga nutrisi di makanan:

Mengukus

Cara memasak seperti ini merupakan cara yang bisa dibilang paling menjaga nutrisi di dalam makanan dengan rasa yang lezat, dan cocok digunakan untuk macam-macam makanan.

Merebus

Cara yang sangat sederhana namun cepat, praktis, dan tetap menjaga kandungan gizi di dalamnya. Selama suhu tak terlalu tinggi, ataupun air tak terlalu banyak, maka banyak makanan bisa diolah seperti ini.

Menumis

Cara memasak seperti ini cukup perlu sedikit minyak saja, sehingga lebih sehat, praktis, dan bisa digunakan untuk banyak jenis makanan.

Microwave

Di kemasan yang tepat, microwave bisa membuat makanan matang tanpa waktu memasak yang lama, membuat nutrisi di dalamnya tetap utuh.

Itulah beberapa hal yang perlu diingat ketika Anda memilih makanan sehat. Jadi jangan hanya memikirkan bahan mentahnya saja, tetapi juga pikirkan pengolahannya agar nutrisi tak menguap setelah makanan dimasak. Selain itu, jangan ragu untuk melengkapi makanan dengan tambahan suplemen seperti susu berprotein tinggi, seperti L-Men misalnya, sehingga kebutuhan gizi Anda lengkap terpenuhi.

Pola Makan Penderita Diabetes

Bagi orang yang menderita penyakit diabetes terdapat sebuah cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi penyakit diabetes yang anda alami adalah dengan menatur pola makan. Penyakit diaetes adalah kondisi dimanan kandungan gula dalam darah sangat tinggi.

Seperti yang kita ketahui jenis makanan yang kita konsumsi akan mempengaruhi kondisi tubuh. Karena semua kandungan yang kita makan diserap oleh tubuh dan akan menjadi sumber nutrisi dan juga energi yang dibutuhkan tubuh.

Jika pola makan tidak di jaga maka makanan yang masuk dengan asal saja kedalam tubuh dapat membuat penyakit diabetes anda akan lebih parah dan juga menimbulkan bahya yang tidak baik untuk ana. Kenyataannya tidak sedikit para penderita diabetes yang terenggut nyawanya karena tidak mengatasi diabetesnya dengan benar.

Maka tujuan mengatur pola makan penderita diabetes ini bertujuan untuk mengrangi kandungan gula di dalam darah sehingga menjadi normal kembali.

Bagi penderita diabetes tidak hanya waktu makan yang perlu diatur namun juga jenis makanan yang masuk kedalam tubuh harus di perhatikan dan tidak boleh asal makan. Untuk mengetahui penjelasan lebih banyak lagi anda harus membacanya dibawah ini. Silahkan simak pola makan penderita diabetes seperti apa yang harus ada jaga.

Yang pertama anda perlu memperhatikan waktu makan yang tepat untuk para penderita diabetes. Bagilah waktu makan anda kedalam 6 waktu makan. 3 kali harus anda lakukan dengan memakan makanan ringan, dan 3 lainnya adalah waktu untuk makan besar.

Rincian waktunya adalah sebagai berikut: sarapan pagi yang paling tepat untuk penderita diabetes adalah pada pukul dibawah jam 07.00, lalu lanjutkan dengan makan ringan pada pukul 10.00. lalu makan siang yang paling tepat adalah pukul 13.00, lanjut makan makanan ringan pukul 16.00. makan malam yang tepat adalah dibawah atau tepat pukul 19.00, lalu dilanjutkan dengan makanan ringan pukul 22.00.

Selanjutnya jenis makanan yang dapat anda konsumsi adalah sayuran juga buahan segar, lalu ikan laut, daging merah, dan jangan lupa untuk menghindari makanan manis, dan juga junk food. Jika anda ingin informasi yang lainnya lagi dari penyakit diabetes ini anda dapat membacanya melalui situs Futuready dan bergabung menjadi anggootanya. dengan bergabung maka anda memilki kesempatan untuk bertanya mengenai masalah kesehatan anda dengan para ahli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *